Mari cari tau, jenis pleci yang bagus untuk di lombakan

Ada 3 jenis pleci yang pasti familiar bagi pleci lovers di indonesia yang pertama adalah pleci auriventer atau lebih akrab di sebut pleci auri, kedua adalah pleci buxtoni jenis ini akan mudah anda temukan di pulau jawa sekitar bogor dan banten dan yang terakhir adalah jenis pleci montanus.

Tetapi sebenarnya banyak tipe pleci lainya yang tidak kalah populer tercatat ada 7 jenis pleci yang banyak dipelihara di indonesia selain 3 pleci yang telah dibahas di atas, 4 jenis lainya adalah pleci salvadori enggano, pleci black capped, pleci dakun maput atau muria dan terakhir pleci dakun macok

Penilaian jenis pleci yang bagus dilombakan ini berdasarkan karater suara dan mental pleci itu sendiri saat di gantang di lapangan sehingga memberikan efek penilaian yang baik. Mari kita bahas bersama-sama rekomendasi penulis pada saat memilih pleci yang bagus untuk dilombakan.

Jenis pleci terbaik untuk dilombakan

1. Pleci Auriventer
Jenis pleci yang bisa digolongkan mahal bayangankan harga bakalan pleci ini bisa di bandrol dengan harga 200.000 cukup mahal dibandingkan jenis pleci lain. Karakter suara pleci ini lebih ngebass dan mudah di seting ngerol sehingga burung pleci jenis ini sangat cocok untuk dilombakan.

pleci auri


2. Pleci black capped
Pleci black capped atau pleci topi hitam merupakan salah satu pleci yang agresif dan lebih mudah dijinakan, hal ini yang membuat banyak orang ingin memilikinya. Banyak yang juga bilang pleci ini mempunyai mental yang baik saat dilombakan, perawatanpun kurang lebih sama dengan pleci lain yang membedakanya adalah karena mudah dijinakan jadi pleci ini tidak gampang stress. ( baca : cara menjinakan pleci giras atau pleci liar )


Pleci black capped
gambar by kicaumania.or.id


3. Pleci buxtoni
Pleci buxtoni adalah pleci yang tergolong paling kecil diantara pleci lain, kita pun dapat dengan mudah memilikinya dengan membeli di toko burung terdekat. Karakter suara hampir sama dengan pleci dada kuning hanya pleci buxtoni memiliki volume suara yang nyaring. ( master suara pleci ngalas silakan download disini )

4. Pleci montanus
Pleci jenis ini banyak ditemukan di beberapa kepulauan di indonesia dan filipina, memiliki badan yang lebih besar sedikit dari pada pleci buxtoni dan memiliki karakter suara yang unik kencang tetapi agak sedikit serak.

Begitulah beberapa jenis pleci yang direkomendasikan untuk dilombakan, bukan berarti jenis lain tidak baik tetapi jika dilihat dari karakternya jenis pleci di atas bisa menjadi pilihan kita semua.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mari cari tau, jenis pleci yang bagus untuk di lombakan"

Post a Comment