7 Hal mengenai kacer poci yang perlu anda ketahui!

Kacer poci merupakan jenis burung kicau yang cukup agresif dan bermental petarung namun dalam hal suara masih dapat dilatih, karena keunikannya inilah banyak orang yang berminat memeliharanya.

Di indonesia, terdapat beberapa jenis kacer yang dikenal oleh kalangan kicau mania. Masing-masing terlihat mirip sehingga bagi para pemula akan sedikit kesulitan membedakannya. Sifat agresif yang dimiliki kacer poci seringkali menyulitkan para kicau mania untuk menjinakkannya.

Oleh karena itu, untuk membantu anda dalam mengenal lebih dekat serta bagaimana cara membedakan dan menjinakkan kacer poci, maka kami buatlah artikel ini. Silahkan disimak!
Daerah sebaran dan penyebutan kacer dibeberapa daerah penyebaran kacer di indonesia yaitu antara pulau jawa, sumatera, kalimantan hingga bali.

kacer poci



Dibeberapa tempat, kacer memiliki nama panggilan yang berbeda seperti di jawa barat disebut dengan kacer priangan, kemudian di kalimantan disebut kacer bulan.

Kupas tuntas profile kacer poci


Ciri-ciri umum kacer poci
- Warna bulunya hitam mengkilat yang tersebar dari bagian kepala, dada hingga ke punggung
- Yang membedakan Kacer Poci dengan jenis Kacer yang lain adalah warna bulunya yang berwarna putih pada bagian perut, pantat hingga ekor.
- Terkadang warna putih ini bisa sampai ke bagian sayap.
- Bentuk paruh lancip namun agak pendek, berwarna hitam.
- Bagian ekor panjang dan melebar pada ujungnya.

Cara membedakan kacer poci jantan dan betina
Untuk membedakan antara kacer poci jantan dan betina, anda bisa memperhatikan ciri-ciri berikut. Pada jantan, warna bulunya lebih hitam mengkilat sedangkan pada betina lebih kusam dan tampak abu-abu. Dari segi suara, jantan lebih memiliki variasi suara dan lebih gacor, namun pada beberapa betina suaranya terkesan monoton. ( baca: cara akurat membedakan kacer jantan dan betina )

Yang terakhir adalah, pada bagian dada jantan terdapat trotol hitam yang berpadu dengan warna putih kekuning-kuningan, pada betina trotol merupakan perpaduan antara putih dan abu-abu.

Jenis pakan
Pada habibat asli, kacer poci biasa memakan jenis serangga, belalang, cacing, ulat bambu dan binatang kecil lainnya. Namun, para kicau mania yang memelihara burung ini dapat memberikan variasi makanan berupa voer serta extra fooding untuk meningkatkan stamina yaitu dengan kroto, jangkrik, ulat hongkong, dll. ( baca: Varian jenis pakan harian yang dapat diberikan kepada kacer )


Kandang ideal

Gunakan ukuran 40x40x60 cm berbentuk segi empat untuk kandang burung atau gunakan bentuk bundar dengan diameter 36-40 cm dan tinggi 60-80 cm. Bahan membuat kandang bisa dari kayu, bambu atau kotak, yang penting kuat. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan keinginanan. Jangan lupa untuk menaruh tenggeran di dalam kandang untuk memudahkan burung bertengger.


Perawatan harian

Untuk perawatan harian burung Kacer Poci tidaklah jauh berbeda dengan jenis burung lain.
- Saat pagi, keluarkan kandang ke tempat yang lebih terbuka misalnya teras rumah.
- Angin-anginkan burung terlebih dahulu sebelum dimandikan, kurang lebih 10-15 menit.
- Mandikan dengan cara disemprot menggunakan spray atau keramba.
- Setelah selesai mandi, lakukan penjemuran hingga burung benar-benar dalam keadaan kering.
- Saat penjemuran, anda bisa sambil memberikannya makan atau extra fooding.
- Letakkan kandang burung ditempat yang tenang, teduh dan tidak terlihat dari burung yang sejenis atau burung lain, serta jauh dari jangkauan hewan lain yang berbahaya.
- Saat sore hari, mandikan kembali burung lalu angin-anginkan agar kering.
- Setelah itu beri makan lagi.
- Saat malam hari, kerondong burung agar terhindar dari ancaman bahaya dan letakkan ditempat yang aman.

Tips agar menjadi jinak
- Jika burung sedang mengalami stress, maka asingkan terlebih dahulu ketempat yang tenang.
- Mandikan dan atur pola makan burung secara teratur.
- Kondisikan burung dalam keadaan lapar dengan tujuan untuk pemberian extra fooding, manfaatkan momen ini untuk membuat burung lebih jinak dengan memberikan langsung extra fooding menggunakan tangan, lakukan secara perlahan sampai burung terbiasa.
- Jangan lakukan pengkerodongan kecuali malam hari.
- Tempatkan kandang burung diarea yang ramai secara rutin selama kurang lebih satu bulan, ini akan membuat burung cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
- Lakukan interaksi yang intens dengan burung agar menjadi semakin jinak. ( lengkapnya baca: cara jitu menjinakan kacer )

Demikian artikel ini ditulis, semoga dapat bermanfaat untuk sobat kicau semua.


Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Hal mengenai kacer poci yang perlu anda ketahui!"

Post a Comment