Simak, langkah jitu mengatasi lovebird ngeruji

Hal yang paling dihindari para peserta lomba di lapangan saat lomba adalah saat lovebirdnya terlihat tidak tenang tidak mau bertengger di tangkringan tetapi malah bergelantungan di dinding, hal ini biasanya di sebabkan lovebird jantan melihat lovebird betina didekat mereka, hal ini akan merugikan karena lovebird tidak akan mau berbunyi dan dipastikan lovebird anda sulit untuk menjadi juara jika tingkah ngerujinya terjadi saat berlansungnya lomba.

Kebiasaan ngeruji pada lovebird terjadi karena lovebird over birahi, over birahi lovebird seperti yang telah dikatakan diatas dikarenakan lovebird melihat lawan jenis didekatnya. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi atau menghindari perilaku ngeruji pada lovebird? mari kita bahas bersama 2 langkah praktis yang dapat dilakukan.

lovebird ngeruji



Cara sukses mengatasi lovebird ngeruji

1. Hindari pakan lovebird berprotein. Lovebird yang ngeruji disebabkan oleh birahi lovebird memuncak atau familiar di sebut over birahi, setelan pakan lovebird adalah hal yang perlu diperhatikan hindari pakan yang mengandung protein yang kebanyakan terkandung pada extra fooding ( EF ).

Kurangi atau hentikan pemberian pakan seperti kangkung, kuaci, jagung muda. seperti yang dikatakan di artikel "sukses mengatasi lovebird over birahi" lovebird memerlukan pakan yang mengandung protein yang kurang dari 30gram lebih dari itu lovebird akan over birahi, tetapi jika kurang dari itu lovebird susah dipancing untuk berbunyi, jadi memang diperlukan pengamatan dari kita melihat tingkah lovebird itu sendiri.

2. Sering memandikan lovebird. Jika memungkinkan lovebird yang ngeruji perlu dimandikan, ini akan membuat keadaan lovebird lebih tenang. Beberapa orang memandikan lovebird sampai 3 kali sehari saat birahi lovebird memuncak. Gunakan spryer dengan lubang yang lebar agar air yang keluar tampak seperti embun sampai burung basah kuyup.

3. Mengawinkan lovebird. Kita perlu menyalurkan birahi lovebird dengan cara mengawinkan mereka, sulitnya terkadang kita perlu menjodohkan mereka dahulu walaupun bisa jadi gagal karena mereka tak berjodoh. Cara praktisnya adalah dengan memasukan mereka dikandang koloni, hal ini akan memudahkan mereka mencari jodoh sendiri, setelah birahinya tersalurkan biasanya tingkah lovebird akan normal kembali dan siap untuk dilombakan. ( baca: cara jitu menjodohkan lovebird )

Terima kasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simak, langkah jitu mengatasi lovebird ngeruji"

Post a Comment