Pilih burung lovebird gemuk obesitas atau kekurusan nyilet?

Pilih lovebird gemuk jadi obesitas atau kekurusan nyilet? sebenarnya ini bukan suatu pilihan karena kedua opsi tersebut akan merugikan performa dan kesehatan lovebird. Setiap burung memiliki berat badan yang proposional, begitu juga lovebird bobot normal lovebird yaitu berkisar 45gram - 55gram. 

Jika berat badan lovebird melebihi bobot itu maka lovebird termasuk golongan lovebird obesitas ini akan berpengaruh ke aktifitas lovebird yang menurun, sedangkan kalo lovebird terlalu kurus lalu terlihat tulang dadanya yang menonjol maka lovebird tersebut termasuk dalam golongan lovebird terlalu kurus atau lebih familiar disebut nyilet.

Lovebird saya terlalu gemuk

Biasanya orang akan tertarik dengan binatang yang gemuk, banyak pemilik binatang berpikir jika memiliki binatang peliharaan yang gemuk maka mereka akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Namun, binatang yang memiliki bobot melebihi apa yang normal akan membuat binatang ini malas dan berakibat pada buruknya kesehatan mereka. 

lovebird gemuk obesitas


Ya sepertinya halnya binatang lain, burung lovebird pun dianjurkan tidak boleh kegemukan. Obesitas akan membuat lovebird malas bergerak, gejala ini biasanya terlihat dari aktifitas mereka yang monoton misalnya mereka akan lebih banyak makan lalu tertidur dan bangun karena lapar lalu mereka akan makan sampai kenyang dan tidur kembali, kegiatan lovebird akan menjadi monoton.

Ini merugikan mereka yang memang ingin memprospek lovebird menjadi bintang di arena lomba, karena kegiatan mastering sampai pelatihan lain dipastikan lovebird akan "absen" karena yang dipikirkan lovebird hanya makan lalu tidur. Jangankan untuk dilatih, kemungkinan lovebird akan malas berkicau, jika sudah begitu bagaimana cara memprospek lovebird demikian?

Solusi

1. Pakan lovebird - Berikan pakan lovebird yang bernutrisi tinggi dan berkadar karbohidrat sedikit, misalnya anda dapat mengurangi milet lalu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Beberapa bijian terbaik akan membuat lovebird kenyang walaupun baru dimakan sedikit, biasanya pakan tersebut lebih mahal harganya dari pada pakan pasaran. Perdalam tentang apa kandungan dari pakan yang baik untuk lovebird anda dengan membacanya disini.

2. Sangkar koloni - Agar lovebird banyak bergerak tempatkan mereka di sangkar yang cukup besar dan memanjang, hal ini akan membuat lovebird akan lebih leluasa bergerak karena pada umumnya lovebird adalah burung yang aktif maka sangkar koloni akan cukup mengurangi kalori dalam tubuh mereka.

Mengatasi lovebird kekurusan atau nyilet

Problema lain adalah lovebird mengalami penurunan berat badan yang drastis, misalnya berat badan lovebird mengalami penurunan 10% dari bobot badan normalnya, lovebird demikian disebut lovebird kurus tetapi lebih bahaya lagi jika penurunannya mendekati angka 20%, istilah ini disebut nyilet.



Nyilet sangat merugikan banyak breeder karena selain aktifitas lovebird akan menurun karena lemas dan nyilet dapat berujung pada kematian. Masalah ini ditimbulkan bisa karena pemberian pakan yang tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan lovebird, sehingga lovebird menderita gizi buruk. Faktor lain bisa karena lovebird mengalami penyakit atau ada parasit pengganggu di dalam tubuh lovebird seperti cacing. 

Berdasarkan pengalaman penulis ada 3 penyebab utama lovebird nyilet

1.  Nyilet karena penyakit gondok - kebanyakan lovebird mati karena penyakit ini, penyakit ini akan berakibat dada lovebird menonjol seperti halnya manusia jika mengalami penyakit gondok. Jika anda berpikir ini dikarenakan gizi buruk lalu anda hanya mengganti pakan mereka maka penyakit gondok ini akan berakibat fatal untuk lovebird anda. Burung yang menderita penyakit ini membutuhkan iodium, kandungan iodium banyak terdapat pada ikan dan garam. Jika sulit mengakali makanan tersebut, beli obat dalam bentuk kapsul yang mengandung iodium tinggi berikan dengan porsi sangat kecil kepada lovebird.

2. Gizi dari pakan - Pakan adalah faktor paling penting untuk semua aspek, pakan yang bergizi ialah kuncinya. Tidak semua pakan memiliki gizi yang sama walaupun terkadang bentuknya sama, cara mengemas dan cara produksi pakan dan pilihan biji terbaik itu adalah faktor apakah pakan itu berkualitas atau tidak. Makanya berbagai merk pakan burung yang menawarkan komposisi yang sama tetapi berbeda harga, kenapa? seperti yang tadi telah dibahas bagaimana cara produksi setiap pakan berbeda. Saya merekomendasikan benelux primus yang diproduksi langsung dari belgia, selain komposisinya kumplit, benelux primus juga memiliki kandungan yang bagus di setiap bijiannya yang memnuhi gizi lovebird, untuk melihat produk klik disini. 

3. Cacing gelang - Banyak parasit yang memang membuat banyak lovebird menjadi kurus, misalnya saja tungau, kutu dan cacing gelang. Berdasarkan pengalaman saya cacing gelang adalah parasit yang sering menyebabkan lovebird nyilet, beberapa lovebird yang mati karena nyilet terdapat cacing gelang didalam tubuhnya. Lovebird yang terserang cacing gelang dianjurkan untuk lebih sering dijemur agar lebih sering terkena cahaya matahari, berikan obat cacing khusus burung yang banyak dijual di toko burung.

Sekian artikel dari saya semoga apa yang ditulis dapat berguna buat sobat kicau semua.

Salam hangat kicaumania

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih burung lovebird gemuk obesitas atau kekurusan nyilet?"

Post a Comment