Burung Kenari Yorkshire Burung Primadona Bangsa Britania

Pembahasan mengenai burung kenari yorkshire ini cukup menyenangkan melihat dari karakter dari kenari jenis ini yang memang sangat unik dan menarik, di eropa sendiri kenari yorkshire telah memikat banyak orang oleh karena itu banyak tumbuh komunitas pencinta kenari yorkshire.

kenari yorkshire



Seperti sudah kita tau kenari yorkshire adalah kenari yang berasal dari negara britania inggris pada tahun 1800an warga inggris terkenal sebagai pencinta semua yang berasal dari negaranya ini termasuk kecintaanya terhadap kenari yorkshire, 

bertahun-tahun pencinta kenari yorkshire melakukan penelitian untuk mendapatkan type ideal kenari yorkie ( yorkie adalah panggilan warga inggris terhadap apa pun yang berasal dari kota yorkshire ) ini disebut evolusi kenari yorkshire dimana sebenernya kenari yorkshire tidak memiliki tubuh tinggi besar dan ideal seperti sekarang sampai terjadi perkawinan silang antara yorkshire lama + lanchaiser + belgia + kenari norwich + cinnamon blood hasilnya menciptakan kenari yorkshire dengan standard World Ornithological Confederation ( C.O.M ) , Seperti apa karakter kenari ini? mari kita liat pembahasanya dibawah.

Standard Fisik burung Kenari Yorkshire


Size :
Tinggi harus 172 mm atau 15cm.

Bagian atas :
-Kepala bulat ini sangat terlihat jelas.
-Bahu bulat proposional dan menyatu dengan kepala.
-Dada bidang gempal sesuai dengan bentuk bahunya, ini yang membuat yorkshire terlihat gagah.
-Mata berada center di tengah kepalanya.

Bagian badan :
-Badan harus besar di dada dan bahu lalu mengurus runcing kebawah.

Posisi sikap :
- Posisi badan harus tegap pada arah 65' derajat atau arah jam 11, mempunyai ekor merata dengan sayap jika tidak direntangkan. Kaki panjang kurang lebih sama panjang dengan ekornya. 


Bulu: 
-Banyak, pendek, tebal padat, Bulu pada sayap proposional dengan panjang sayap dan bulu ekor lurus tidak bengkok.

Warna:
Warna harus sesuai dengan warna aslinya yaitu kuning buff dan cinnamon coklat muda ( tidak tau sekarang masih berlaku juga atau tidak ).

Kondisi:
Kondisi harus sehat, bersih dan mempunyai bulu yang rapih tidak ada bekas luka.

Jika kenari yorkshire memenuhi penilaian diatas maka kenari akan mendapat nilai 100 dan lolos melewati standard C.O.M



Sangkar Yokser untuk Lomba di Inggris

Di indonesia mungkin tidak ada standard khusus untuk sangkar kenari yorkshire pada setiap perlombaan, tetapi di eropa terutama di inggris untuk setiap perlombaan kicauan kenari yorkshire mereka pun mempunyai spesifikasi standard sangkar jika saja peserta tidak memenuhi standard fisik dan sangkar biasanya mereka didiskualifikasi sehingga tidak dapat mengikuti lomba.

Size: 
Panjang 23cm dengan tinggi 35cm, total kawat harus berjumlah 48 biji.

Mangkok makan:
Tempat makan harus berda di samping kanan sangkar, dan memiliki lebar sekitar 3cm dengan kedalaman 2,5cm.

Tatakan sangkar:
Alas sangkar harus berbahan kayu dengan ketebalan 3mm, Warna tatakan harus hitam.

Tangkringan:
Tangkringan harus berjumlah 3, 1 diatas dan 2 tangkringan di bawah semua harus berwarna putih puith kayu.

Tempat minum:
Tempat minum harus hitam, ini harus ada karena kenari retan dehidrasi saat lomba.

Perawatan si Kenari YS Alias Yokser

Mempunyai badan tegap proposional membuat kenari ini sering di panggil "the guardsman" dan "the gentelman of the fancy" memang panggilan ini tepat jika anda pernah melihat burung ini sangat terlihat gagahnya mereka, di indoesia kenari yorkshire lebih sering dipanggil kenari wortel ya karena bentuk fisiknya seperti wortel terbalik. Tidak seperti burung lainya kenari yorkshire agak jaim tidak terlalu aggresif mencari betinanya, tetapi kenari yorkshire mempunyai jiwa sosial yang tinggi jadi mereka senang tinggal sekandang dengan banyak burung namun untuk mendapatkan kualitas suara yang baik pisahkan si jantan dari yang lain ini bisa anda lakukan jika kenari ini ingin di lombakan. Kenari binatang yang cepat meniru karakter suara lain jadi masterkan dengan download suara kenari mp3.


Tidak seperti kenari lainya kenari yorkshire mempunyai tubuh yang cukup besar jadi kita perlu membeli kandang yang cukup luas untuk badanya, makanan hampir sama beri dia madu, canary seed mix, poppy seed ( rempah rempah biskuit ), kuning telur dan vitamin tentunya jika anda memberikan itu semua ini akan menjaga kualitas suara dan bulu tetap baik. ( baca : cara terpenting merawat kenari )

Pemotongan Kuku dan Bulu

Nah sedikit tambahan, tau kah anda pemotongan bulu diarea-area tertentu pada badan yorkshire itu penting? Jika kita rutin memotong bulu diarea kelaminya ini akan memudahkan mereka untuk kawin tetapi tentu kita harus berhati-hati, memotong bulu di area paru dan memotong kuku di kaki juga penting ini menjaga yorkshire tetap bersih terawat dan terhindar dari kutu.

1. sebelum dipotong, 2 memotong bulu dibagian kelamin, 3.sesudah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burung Kenari Yorkshire Burung Primadona Bangsa Britania"

Post a Comment