Waspada Burung Kenari Merah Palsu Banyak di Pasaran!

Burung Kenari merah - kenari yang menjadi primadona banyak pencinta kenari dunia karena warnanya yang unik berwarna merah, kenari merah pertama di kembangkan oleh peternak dari jerman bernama Dr. Hunch duncker yang menyilangkan antara burung merah siskin dengan border kenari. 

Di indonesia sendiri kenari ini tidak kalah populernya dengan kenari lainya, bahkan popularitasnya hampir menyaingi jenis kenari yorkshire, tapi ini yang menjadi masalah harga yang melambung dengan minat dari pencinta kenari merah bertambah membuat banyak pedagang nakal mencoba memutar otak untuk melakukan hal curang.

kenari merah
kenari merah


Naturalnya peningkatan kualitas warna kenari merah bisa dilakukan dengan pemberian pakan yang kaya akan beta carotene hal ini juga bisa diberikan kepada kenari lizard, beberapa contohnya adalah wortel, brokoli, tomat dll.

Ciri Kenari Merah Palsu

Kenari merah palsu biasanya mempunyai bulu merah mencolok sangat pekat sulit memang jika kita hanya sekilas memperhatikanya, modus yang digunakan adalah kenari dimandikan dengan zat pewarna, ada lagi pedangan yang sengaja memberikat zat kimia pada makanan kenari saat  kenari kuning dalam periode mabung sehingga saat dalam proses penumbuhan bulu kembali kenari sudah menjadi merah merona.

Jangan tergiur dengan harga murah! biasanya pedagang akan membuat kita seakan2 akan menyesal jika tidak membeli segera mungkin, oleh karena itu sikap kita harus tenang jangan ceroboh perhatikan dengan sesama beberapa tips berikut ini:

Tips memilih "red factor canary" 

1. Pastikan bahwa warna merah dari kenari tidak meliputi semua tubuhnya,maksudnya? warna merah pada kenari merah hanya berada di bulu bagian atas atau tungkai biasanya mereka tetap mempunyai bulu putih halus didalam terlebih lagi jika warna merah pekat sampai terlihat dikaki, kuku dan kulitnya, catat jangan pernah beli kenari itu. Oleh karena itu jangan tergiur dengan warna merah mencolok dari kenari merah palsu.




kenari merah asli
Bulu kenari merah asli

Satu lagi modus yang biasa di gunakan adalah mengunakan pigment zat kimia, yang populer digunakan oleh banyak orang adalah bubuk canthaxanthin, sebenarnya zat kimia ini tidak salah jika digunakan oleh kenari merah untuk mendapatkan warna merah yang sempurna, kurang ajarnya banyak pedagang nakal menggunakan ini untuk memerahkan kenari kuning.

Zat kimia canthaxanthin


2. Pastikan kenari merah yang kita akan beli sudah terikat ring dari peternaknya terlebih lagi jika peternaknya adalah pemain jujur dan sudah cukup pamor, tapi ini tergantung peternaknya karena banyak peternak yang tidak memberikan ring pada setiap kenarinya.

3. Jika sobat adalah pemain baru dan tidak mengerti sama sekali tentang kenari merah, saya merekomendasikan anda harus mencari peternak lansung yang terpecaya dan membeli kenari merah dengan mereka. Kemungkinan harganya akan sedikit mahal karena sobat membelinya dengan jumlah kecil tetapi ini metode yang cukup aman untuk memastikan kenari merah yang akan sobat beli asli.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Burung Kenari Merah Palsu Banyak di Pasaran!"

Post a Comment